DimasPribadi.com

sharing and selling is fun

Akhirnya Jadi Juga, Kohar Coaching Surabaya! (Part1)

with 2 comments

Mungkin agak telat sih saya update blog ini, maklum… keasyikan dengan tugas-tugas yang diberikan oleh mentor saya Peter Kohar…hehehe. Singkat cerita, Peter Kohar memberitahu jadwal bahwa Kohar Coaching akan diadakan pada 13 Maret 2010 berlokasi di Tunjungan Plasa Surabaya. Dengan semangat menggebu saya mengambil cuti 2 hari dari kantor. Awalnya si bos mengatakan cuti saya nggak bisa 2 hari karena bentrok dengan salah satu teman saya. Namun setelah nego akhirnya dapat juga. (Toh kalau dapat nggak dapet cuti saya akan bolos juga ngga apa-apa) :p

Sampai di Surabaya, untuk hari pertama saya di-sms Peter Kohar untuk hadir di Dante Cafe Tunjungan Plasa jam 13.00. Saya pun datang tepat waktu (kecepetan malah)😀 . Nunggu sekitar 5 menit, Peter Kohar datang dengan mengenakan pakaian casual dan senjata wajibnya yaitu laptop. Saya baru pertama kali ketemu Peter Kohar secara langsung walaupun sebelumnya sempet chatting2an beberapa lama. Kemudian dalam 15 menit datang peserta yang lain yaitu Pak Nyoto, Mas Rian, Mas Hanafi. Maka session perkenalan segera dimulai.

Di awal-awal, Peter menanyai pengalaman kami satu persatu. Mulai dari profesi dan pengalaman di dunia online apa saja. Ternyata diantara kami 2 orang sudah punya produk sendiri yaitu Mas Hanafi yang mempromosikan panduan belajar bahasa inggris dan Pak Nyoto dengan program untuk toko. Namun sepertinya mereka kesulitan dalam memasarkannya. Disinilah mereka akan belajar dari Peter Kohar apa yang mereka lewatkan.

Pelajaranpun akhirnya dimulai…

Secara umum, kerangka belajar Kohar Coaching adalah:

  1. Membuat Produk
  2. Membuat Website Yang Ramai
  3. Menjual Produk

Memang 3 poin tersebut terlalu sederhana karena tiap poin memiliki banyak sekali materinya. Namun dapat saya katakan Peter Kohar memberi sebuah materi yang jarang diketahui orang. Contohnya adalah, Bagaimana kita membuat produk sedangkan kita tidak punya keahlian apa-apa dan tidak punya kenalan. Saya bocorkan sedikit disini..

Jika kita ingin punya produk namun tidak mempunyai keahlian apapun?
Carilah seorang ahli yang anda kenal untuk diajak kerjasama buat produk

Jika kita tidak punya satupun kenalan seorang ahli?
Incar seorang ahli yang sudah punya nama dan mulailah berteman dengannya

Bagaimana cara berteman dengan seorang ahli yang tidak kita kenal?
Contoh:

Pakar Kesehatan yang sudah di media:

  1. Cari artikelnya di internet, jika ada fasilitas komentar, bisa dengan memberi komentar2 positif atau menanyakan lebih detail sesuatu di artikel yang ditulis pakar tersebut
  2. Jika pakar tersebut menerbitkan sebuah buku, kita bisa membeli bukunya dan menanya2kan isi dari bukunya
  3. Jika pakar tersebut membuat seminar, kita bisa menghadiri seminar tersebut dan di akhir acara kita bisa menemuinya untuk berkenalan dan ngobrol2 seputar dunia pakar tersebut
  4. Sambil ngobrol ceritakan kita juga tertarik dengan dunia yang sama. Jangan langsung menawarkan kerjasama tapi jalin pertemanan terlebih dulu.
  5. Pikirkan apa kegunaan kita buat dia, berikan dulu kegunaan kita secara gratis untuk menjalin hubungan baik dan kepercayaan

Memang proses ini butuh waktu, tapi jika dipikir lagi ini adalah teknik networking yang sangat ampuh dan bisa diterapkan di bisnis mana saja. Saya sadar Peter Kohar tidak hanya mengajarkan saya bisnis online, tapi dia mengajarkan saya cara menjadi seorang Pebisnis.. meskipun bagi saya still long and windy road laah…hehehe

Written by Dimas Pribadi

April 8, 2010 at 3:16 am

Posted in Online Bussines

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. sayang bener tulisan keren gini gak ada yg pertamax’in😆

    kyaknya gw perlu belajar juga ke pak kohar

    prasta

    April 27, 2010 at 6:36 am

  2. betul,,, itu yang saya lakukan sekarang,, :D… jadi makin semangat ni gue… ck aja situs http://yarobbi.com salah satu karya joinan gua,,,

    anjrah2006

    September 16, 2010 at 1:06 pm


Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: