DimasPribadi.com

sharing and selling is fun

Kohar Coaching – Minggu 1,5 (Bagaimana Cara Kita Mengembangkan Market Menjadi Lebih Luas)

leave a comment »

[image taken from http://registrarism.files.wordpress.com/2009/06/globe-europe.jpg]

Sebenernya ini sudah masuk minggu ke-2 dari Kohar Coaching (selanjutnya saya singkat KC) dan saya juga sedang mengerjakan tugas minggu ke-2. Kali ini materinya berbicara mengenai Bagaimana Cara Kita Mengembangkan Market Menjadi Lebih Luas. Jika anda belum tau apa itu Kohar Coaching, anda bisa baca postingan saya sebelumnya mengenai Kohar Coaching – Minggu I (Bagaimana Mencari Ide Bisnis Dengan Cepat Untuk Dijual Di Internet).

Sebenarnya apa sih Market?

Sederhananya, Market itu orang-orang dengan kebutuhan yang kemungkinan membeli dari kita

Jika kita jualan balon, maka market primer kita adalah anak kecil atau Event Organizer.
Jika kita jualan kain, maka market kita adalah para penjahit atau ibu rumah tangga.
Jika kita jualan alat tulis, maka market kita adalah pelajar atau kantor-kantor.

Lalu jika kita merasa pasar kita kecil dan yang beli jarang, misalnya produk pembasmi hama tanaman?
Apakah harus hanya terpatok pada pembeli penghobi tanaman atau petani?
Belum ditambah kemungkinan keuntungan kita yang tidak terlalu besar untuk omzet yang kita peroleh.
Atau kita tidak pernah berjualan apapun sebelumnya dan tidak tahu apa yang harus kita jual?

Nah disinilah saya mendapat cara pandang yang baru dari KC, yaitu Bagaimana Cara Kita Mengembangkan Market Menjadi Lebih Luas.

Cara kerjanya sangat gampang sekali.

Studi kasus:

Saya saat ini bekerja di service center salah satu brand laptop. Maka sayapun mengajukan tema ini pada KC dan disarankan untuk memperluas tema saya tidak hanya terpaku pada brand tempat saya bekerja namun ke segmen lebih luas, yaitu Laptop. Saya pun memikirkan perluasan tema. Apa saja yang dicari oleh pemilik laptop. Dari pengalaman sehari-hari dalam pekerjaan, saya menemui permasalahan sebagai berikut: Laptop mati, cari toko yang terpercaya, jual laptop bekas, software untuk laptop, dll. Setelah itu saya mencatat semua kata-kata yang terlintas, dan ada relasinya dengan perbaikan laptop.

Tapi proses ini sungguh menguras otak sampai akhirnya saya kecapekan dan merasa sangat bodoh kenapa kok saya dari awal tidak menggunakan Google Keyword Tools untuk membantu saya mendapatkan ide. (Huff..)

Di sana saya memasukkan kata perbaikan laptop dan…. AHA!!!

Puluhan keyword yang masih berkaitan dengan perbaikan laptop bermunculan. Keyword-keyword ini dicari oleh ratusan pencari informasi di dunia maya. Ini berarti saya nggak perlu lagi repot-repot mikir. Thanks berat buat om google🙂

Hasilnya ternyata ada macam-macam ide tidak pernah kepikiran oleh saya. Ada yang nyari mulai dari review tipe laptop, cara perbaikan, tempat service, jual aksesoris, jual-beli dan masih banyak lagi.

Jika anda kehabisan ide tentang apa yang anda posting di blog atau website anda, masukkan saja ke google keyword tools tema website anda. Dijamin nggak bakal kekurangan ide😀

Tapi setelah saya melakukan semua hal diatas, ada pertanyaan yang cukup mengganggu

Mengapa KC malah menganjurkan memperluas market??
Bukankah sekarang sedang gembar-gembornya apa yang disebut dengan Targeted Market?
Yaitu mempersempit tema menjadi lebih khusus lagi supaya lebih tertarget??

Saya baru menyadari kalau KC tidak sedang mengajarkan cara bermain affilliate seperti apa yang diajarkan GM.Susanto dengan rahasiasuksesclickbank-nya. Namun disini KC sedang mengajarkan cara membuat website content-rich untuk kemudian dialirkan traffic, dan ketika sudah rame baru kita bisa jualan apa saja disana. Ya saya baru mengerti sekarang kalau apa yang saya lakukan gambaran besarnya seperti itu. KC bilang kita bidik market Indo dulu, baru entar kemudian mengerjakan project bersama tim untuk pasar luar.

Apa ini artinya dia ingin saya menguasai skill dasar dulu? sebelum mencoba macem-macem bisnis di internet dan akhirnya nggak jelas juntrungannya?

Mungkin juga🙂 Tapi yang jelas minggu kedua udah mulai masuk hal teknis, seperti instalasi script, dsb.

Doain sukses ya🙂

Written by Dimas Pribadi

February 24, 2010 at 10:34 am

Posted in Online Bussines

Tinggalkan komentar

