DimasPribadi.com

sharing and selling is fun

10 Tips Cepat Mengurangi Stres

leave a comment »


Jika anda memiliki segudang kegiatan penuh dengan tekanan dan tuntutan yang tinggi, 10 tips cepat mengurangi stres berikut ini mungkin akan berguna bagi anda.

  1. Berjalan
    Jika Anda mengendarai mobil ke kantor, parkirlah di ujung yang agak jauh. Jika Anda naik transportasi umum, turunlah di sedikit lebih awal dari halte biasa anda turun. Jeda waktu tersebut akan memberi Anda waktu untuk transisi dari kehidupan rumah ke aktifitas kantor yang padat, selain Anda juga sambil berolahraga.
  2. Tarik Napas
    Beri diri Anda setidaknya satu dua menit untuk melakukan tarik nafas istirahat setiap hari. Latihan bernapas dalam-dalam dan perlahan-lahan. Cari tempat yang kosong dan jangan bawa handphone Anda.
  3. Peregangan Otot
    Ditengah menyelesaikan sebuah tugas, berdiri dan lakukan peregangan! Angkat kedua. Tekuk kepala dari sisi ke sisi.
  4. Mencatat
    Anda telah diberi tugas lagi padahal anda masih mengerjakan 3 tugas berikutnya dari atasan dan Anda merasa seperti ingin meledak. Hitung 1 sampai 10, ingat daftar yang harus dikerjakan duluan. Catat langsung apa-apa yang harus dikerjakan dan segera eksekusi daftar kerja anda.
  5. Curhat
    Merasa jengkel, marah, stres? Cari teman atau sahabatmu untuk curhat. Silakan, menangis, mengeluh, mengerang, mengerang, apa pun, dan kemudian ingat untuk tarik napas dalam-dalam setelah itu. Anda akan lega dan siap menghadapi lagi masalah Anda.
  6. Tertawa
    Cari film komedi, cari klip-klip lucu untuk anda simpan di harddisk anda dan lihat waktu anda stres. Hal ini akan memacu endorfin tubuh Anda tanpa menjalankan sebuah maraton. Biarkan tertawa menggetarkan seluruh tubuh Anda.
  7. Istirahat Siang & Coklat
    Tinggalkan meja anda jika memang waktunya istirahat. Pekerjaan anda tidak akan pernah ada habisnya segiat apapun anda bekerja, namun badan anda adalah modal utama anda. Kosongkan pikiran Anda saat istirahat. Jika memungkinkan cari susu coklat, permen coklat, apapun yang mengandung coklat untuk membantu membuat anda rileks.
  8. Prioritaskan Tugas Anda
    Terlalu banyak bos, terlalu banyak tugas, semua minta cepat? Cari bantuan jika Anda kewalahan! Katakan pada supervisor anda tidak mungkin menyelesaikan semuanya sendirian dan tanyakan mana yang menyusun prioritas tugas yang diberikan pada anda. Tidak perlu gengsi untuk dikatakan tidak mampu mengerjakan semua tugas tersebut.
  9. Jadwalkan Liburan
    Jadwalkan waktu untuk berlibur, santai, dan mengerjakan hobi anda. Ini penting untuk membersihkan pikiran anda yang seperti benang kusut setelah capek bekerja di kantor. Besoknya pikiran anda akan lebih segar dan siap menghadapi semua tugas dan masalah anda.
  10. Latihan Senyum
    Latihan senyum akan mengubah mood anda menjadi lebih positif. Sungguh! Mungkin Anda akan tetap menjadi tua dan berkeriput. Tapi jauh lebih baik berasal dari kebiasaan senyum daripada keriput marah-marah. Senyum bisa membuat pikiran Anda ke dalam kebiasaan positif dan menarik hal-hal positif juga dalam kehidupan .

Pastikan Anda melakukannya dengan konsisten sehingga menjadi kebiasaan buat anda.

Semoga Bermanfaat🙂

Written by Dimas Pribadi

February 21, 2010 at 4:54 am

Posted in Self Development

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: