DimasPribadi.com

sharing and selling is fun

Penyebab Kita Menyalahkan Orang Lain

with 5 comments

Penyebab Kita Menyalahkan Orang Lain

[image taken from http://www.poppendieck.com%5D

Kita semua berurusan dengan orang-orang yang menyalahkan orang lain sepanjang waktu dan berusaha kelihatan benar dengan membuat orang lain tampak salah.

Orang-orang seperti ini biasanya takut untuk mengakui bahwa mereka berbagi tanggung jawab dan merasa nyaman ketika orang lain yang menanggung kesalahan atas hal buruk yang terjadi.

Kadang-kadang tindakan menyalahkan orang lain artinya adalah sebuah permintaan dukungan, ketika seseorang menginginkan kita untuk memperbaiki keadaan untuknya (mungkin atas kesalahan yang dilakukannya), dia mungkin akan menyalahkan kita dalam rangka untuk memotivasi kita untuk mengambil tindakan supaya dia selamat.

Tindakan menyalahkan jenis ini sangat jelas terlihat dan dapat diketahui oleh setiap orang dengan mudah. Namun ada lagi yang lebih berbahaya, halus, tidak terlihat dan dalam waktu bersamaan begitu dahsyat sehingga menyebabkan orang yang mendapat kesalahan merasa bahwa dia salah sekalipun dia benar.

MENYALAHKAN DENGAN CARA YANG HALUS

“Kamu Egois dan hanya berpikir tentang diri sendiri”

Walaupun pernyataan ini ditujukan pada orang yang egois, kata-kata ini juga dapat diucapkan oleh seseorang yang TAKUT dan yang tidak menemukan cara lain UNTUK MERASA LEBIH BAIK selain menyalahkan orang lain atas rasa sakit yang ia rasakan.

Hal yang sama berlaku untuk  memberitahu seseorang bahwa dia sombong, bukannya mengakui bahwa Anda takut bahwa dia tidak menyukai Anda. Kadang-kadang kita memberi LABEL kepada orang lain seperti egois, sombong atau keras kepala untuk menyingkirkan tanggung jawab dan melarikan diri dari pemecahan masalah bersama.

Jauh lebih sulit untuk mengambil tindakan, untuk mencari penyebab dan solusi dari masalah utama dan untuk menyingkirkan luka-luka emosional kita daripada menyalahkan orang lain atas penderitaan yang kita rasakan.

Bagaimana Cara Berhenti Menyalahkan Orang lain?

  • Jika Anda menyalahkan orang lain atas masalah anda maka sangat mungkin Anda masih melekat pada cara anak kecil. Anak-anak selalu menyalahkan orang lain karena mereka belum belajar bagaimana untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka.
  • Menyalahkan orang lain adalah biasanya merupakan indikasi kurangnya kemampuan untuk menerima dan menghadapi situasi yang berbeda. Belajar bagaimana menerima situasi secara benar pasti akan membantu Anda berhenti menyalahkan orang lain.
  • Orang yang menyalahkan orang lain biasanya dalam posisi lemah dan ia mencoba untuk mendapatkan power atas situasi yang tidak enak dengan menyalahkan orang lain. Jika Anda ingin berhenti menyalahkan orang lain maka Anda harus belajar bagaimana cara untuk  membuat hidup Anda “in control”, lebih tegar dan tenang dalam menghadapi masalah hidup yang bervariasi.

Semoga bermanfaat🙂

Written by Dimas Pribadi

February 12, 2010 at 5:52 pm

Posted in Self Development

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Hohoho, akhirnya keluar juga dari sarangnya bang sangeh ini😀

    alief

    February 13, 2010 at 1:50 am

    • @alief

      Hahaha iya nih, baru tadi malam kepikiran pengen ngidupin ini blog lagi, terima kasih atas komentarnya🙂

      dimasrlp

      February 13, 2010 at 2:30 am

  2. saya seorang guru
    tulisan yang singkat, but cukup mengena!
    thanks

    si konyol

    February 21, 2010 at 10:13 am

    • Terima kasih sudah mampir. Semoga postingan saya bermanfaat🙂

      dimasrlp

      February 22, 2010 at 8:23 am

  3. mari kita selalu fokus dalam penyelesaian masalah

    dealer pulsa

    January 17, 2011 at 4:14 am


Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: