DimasPribadi.com

sharing and selling is fun

Mengapa Network Marketing(MLM) Dijauhi Masyarakat – Bagian 1

with 21 comments


(image taken from: http://www.amdsb.ca)

MLM atau Multi Level Marketing adalah salah satu bentuk sistem pemasaran modern yang mempunyai kekuatan LUAR BIASA.

Ya…LUAR BIASA!

Anda pasti sering mendengar kalimat LUAR BIASA jika anda pernah menghadiri presentasi atau seminar salah satu perusahaan MLM.

Biasanya kalimat lain yang sering menjadi langganan adalah …SUKSES, SAYA BISA, dan variasi-variasi kalimat motivasi lainnya.

Di Indonesia, MLM sudah sangat dikenal berbagai lapisan masyarakat dan menjadi kontroversi karena di tengah kemelaratan bangsa kita, bisnis MLM menjanjikan setiap pelakunya kekayaan tiada batas.

Dari kalangan pegawai kantoran, guru, dokter, mahasiswa, bahkan tukang sayur keliling sudah mengenal atau bergabung dalam bisnis ini. Sudah banyak pula kita dengar success story mereka yang berpenghasilan hingga ratusan juta rupiah perbulan dari bisnis tersebut.

Saya akan mencoba membagikan hasil pengamatan saya tentang kesalahan fatal yang masih dilakukan para distributor atau agen bisnis network marketing dari segi cara mereka menjual pada costumer.

Suatu malam saya dan Bapak Edi Setiawan (trainer UnICoM) berdiskusi mengenai selling atau teknik menjual, bagaimana seharusnya cara menjual yang efektif, namun sesuai dengan kondisi sosial budaya yang ada di Indonesia.

Kebetulan saat itu kami membahas berbagai jenis cara penjualan yang sudah ada berikut contoh kasusnya. Salah satunya yang kami anggap paling menarik adalah network marketing atau MLM, yang akhir-akhir ini gaungnya sudah jarang terdengar.

Saya dan Pak Edi menceritakan pengalaman dan opini masing-masing tentang MLM, bagaimana ketika pertama berkenalan, mengupas business rulenya, kelebihan dan kekurangan sistemnya, hingga ke person-person yang kami ketahui menjalankan bisnis tersebut.

Anda mungkin pernah mengalami kejadian seperti saya dibawah ini…

Salah seorang teman atau kolega saya ngotot tiba-tiba mengajak saya ke sebuah seminar, dan ketika saya tahu acara tersebut diadakan sebuah perusahaan MLM, saya (dengan sengaja) berusaha menghindar dari acara tersebut.

Saya merasa DIJEBAK

Saya bisa merasakan seseorang berusaha memprospek saya jika dalam setiap obrolan, dia pasti menghubungkan apapun topik obrolan… dengan MLMnya, dan dengan intens membuat saya tertarik untuk bergabung dalam bisnisnya.

Namun yang paling tidak saya sukai adalah…DIA MENCERAMAHI SAYA

Dia merasa bahwa bergabung dalam bisnisnya adalah SOLUSI UNIVERSAL untuk semua permasalahan saya.

Inilah contoh Solusi Universal yang saya maksud😀

1. Saya tidak punya pacar ->solusinya gabung MLM untuk bertemu calon-calon pacar yang jika nanti jadian, akan kemana-mana berdua mencari prospek bersama

2. Saya sedang bermasalah dengan keluarga saya -> solusi gabung MLM untuk sukses, maka keluarga akan akur kembali karena saya sukses

3. dll yang sengaja dihubung2kan dimana solusi akhirnya adalah JOIN

Saya akhirnya mulai merasakan ada unsur PAKSAAN yang menyertai penawarannya…

Akibatnya saya mulai MALAS BERTEMU dengannya lagi karena saya merasa dia akan membuntuti saya seumur hidup agar membuat saya membayar sejumlah uang yang cukup lumayan untuk mendapat produk yang belum tentu saya butuhkan.

SAYA MERASA DIA MEMANFAATKAN PERTEMANAN KAMI DEMI KEUNTUNGAN PRIBADI!

Apakah anda mengalami apa yang saya alami?

Mirip? atau… persis?

Jika YA, ada beberapa hal yang mungkin anda perlu ketahui…

Jika anda menganggap teman anda menjebak anda…

HAL ITU SANGAT TIDAK BENAR!

Saya sempat berpikiran sempit terhadap sahabat saya sendiri ketika mengalami hal tersebut

Namun saya sadar, mereka TIDAK MUNGKIN berpikiran seperti itu

Mereka hanya MENJUAL DENGAN CARA YANG SALAH

Mereka mungkin terlalu antusias hingga terlalu banyak berkoar-koar tentang mimpi-mimpi

Mereka kemungkinan hanya tenggelam dalam pikiran mereka sendiri

Yang berakibat… anda berpikir mereka TERLIHAT lebih mengutamakan uang daripada hubungan pertemanan dengan anda…

Jika anda mau memikirkan sekali lagi, anda pasti mengerti maksud saya

Bagaimana mungkin harga persahabatan yang tidak ternilai dapat diganti oleh ‘secuil’ uang

KEHILANGAN TEMAN DEMI UANG?

Mungkin anda pernah mendengar dari para petinggi MLM bahwa bisnis tersebut adalah BISNIS MENOLONG ORANG…

Apakah mereka menjelaskan artinya MENOLONG?

Apakah anda merasa MEREKA BERNIAT MENOLONG ANDA?

Apakah mereka mau MENOLONG TANPA PAMRIH?

Kebanyakan para pemula bisnis ini akan menggembar-gemborkan bahwa mereka akan membantu mengatasi permasalahan si prospek, namun yang dimaksud para pemula tersebut adalah…

KALAU KAMU JOIN MAKA SAYA TOLONG KAMU UNTUK MENGHASILKAN UANG UNTUK SAYA

Disini satu lagi kesalahan fatal yaitu NIATAN YANG SALAH

………………………………………………………………………………….

Anda harus tahu RAHASIA TERBESAR dalam menjual yaitu :

ANDA MENJUAL KEPRIBADIAN ANDA, BUKAN BARANG ANDA

Barang hanya ALASAN LOGIS kenapa orang membeli dari anda

Orang lebih senang membeli dari seorang penjual yang BENAR-BENAR BERNIAT UNTUK MENOLONG mengatasi permasalahan mereka SEBAGAI SEORANG TEMAN

Bahkan untuk permasalahan yang tidak ada hubungannya dengan jualan sekalipun.

Saya ulangi keywordnya…MENOLONG, SEBAGAI SEORANG TEMAN

Betapapun sebuah produk tidak memiliki keunggulan dibanding produk lain, si penjual akan menjadi pilihan pertama jika pembeli merasakan suatu ikatan persaudaraan dan percaya bahwa penjual tersebut selalu berada di pihak mereka dan tidak mungkin mengambil untung dari ‘saudara’ sendiri

Pendapat saya ini ketika saya sampaikan, diamini 100% oleh Bapak Edi karena itu sudah lama menjadi salah satu dasar konsep UnICoM dalam hal communication for selling. Alangkah kagetnya saya ketika hal ini ternyata sudah lama ada, namun mengapa para networkers di luar sana belum banyak yang tahu dan masih saja menggunakan cara-cara yang saya bilang sebagai PREMANISME DALAM MENJUAL.

Mungkin pola pikir ini akan sedikit lebih lambat pada awalnya, namun efek pada jangka panjangnya, pembeli akan MERASA NYAMAN, membeli dan membeli lagi dari anda, kemudian  merekomendasikan ke semua orang dimana kekuatan rekomendasi dari mulut ke mulut sangat dahsyat.

Prinsip inilah yang sudah dilupakan oleh para penjual yang lebih mengutamakan meraih keuntungan dengan cepat, bahkan bersedia mengorbankan hubungan pertemanan hanya untuk uang yang tidak seberapa nilainya.

Dan karena pemahaman yang keliru pada ungkapan BISNIS MENOLONG ORANG inilah yang membuat masyarakat begitu anti terhadap MLM.

Anti terhadap penjualnya berakibat anti terhadap produknya.

Coba bayangkan! Apa anda mau membeli barang yang ditawarkan oleh seorang preman dengan gerak-gerik mencurigakan? Sedangkan si preman sebenarnya menjual barang yang bagus dengan harga murah (dan bukan barang curian).

Ada faktor lain yang juga sangat penting yang akan saya coba share pada artikel selanjutnya, yaitu faktor KEPERCAYAAN yang saya yakini juga sudah dilupakan banyak penjual sekarang ini, tidak hanya distributor direct selling saja namun juga sales-sales yang lain.

Saya juga akan menyertakan hasil diskusi saya dengan Bapak Edi Setiawan tentang bagaimana konsep UnICom dapat memberi solusi untuk permasalahan PREMANISME ini.

Nantikan artikel selanjutnya, semoga bermanfaat bagi anda 🙂

Dimas Rochmad

Written by Dimas Pribadi

June 12, 2008 at 2:14 pm

Posted in Online Bussines

21 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Wah pengalaman banget dengan MLM😀
    kayaknya kita sependapat nih😀 hehehe

    aRuL

    June 14, 2008 at 7:55 pm

  2. weds bintang piro ngeh?:mrgreen:

    dr

    June 15, 2008 at 8:17 am

  3. @aRuL

    Wah, berarti dirimu open-minded juga rul. Btw aku cuma ingin menganalisa apa sih yang membuat kuping kita ‘gatal’ begitu mendengar tiga huruf ini …hahaha

    @dr

    aku bintang tamu saja😀

    dimasrlp

    June 15, 2008 at 2:00 pm

  4. hiks hiks saya trauma ikut mlm

    zoel chaniago

    June 22, 2008 at 8:52 am

  5. @zoelchaniago

    ahaha…banyak temennya kok..jadi santai saja…

    dimasrlp

    June 23, 2008 at 11:48 am

  6. Hahahah,,,
    Aku kemaren juga pernah di’prospek’ ma temen ku….hhehehe…
    Total udah 5 kali aku di prospek,,,,,,-dengan tipe dan gaya yang sama-…
    Mas Dim….tak add yo blog mu di punyaku…

    rozyee

    July 4, 2008 at 3:27 pm

  7. @ryozee

    okee…silakaaaan

    dimasrlp

    July 7, 2008 at 8:41 am

  8. Yang aku tahu sih Pak Edy setiawan tidak negatif terhadap MLM.Sejauh kita tidak menyalahi aturan main yang ada.
    Bahkan kemarin beliau memberikan pelatihan di grup kami.

    Agil

    July 11, 2008 at 3:00 pm

  9. @agil

    Benar, saya juga sependapat dengan anda kalau beliau tidak negatif terhadap MLM, justru dari beliau saya mendapatkan perspektif baru mengenai MLM

    memberikan pelatihan di grup anda? saya yakin grup anda akan banyak mendapatkan materi yang jarang diberikan oleh sistem anda selama ini…semoga sukses

    dimasrlp

    July 14, 2008 at 2:39 pm

  10. Alow sobat pa kbr ni sehat2 kan? Lam knal ya ni aq AR Eros mahluk unik dan langka dari lereng gunung Welirang tepate Prigen Pasuruan. bayi blogger yang lahir 8 juli 2008 kemarin (8-7-8) angka yg lumayan unik ya. oia aq boleh kn jd tmen km kn ? Add aq yach pliss. Aq mw add ga tw imel km ne. oia sempetin jg mampir ke web q ya? berbagi hal-hal umum, seru, kocak, gokil dsb. juga baca pgalaman q di datangi malaikat bukan untuk mengaku jadi imam mahdi apalagi jadi nabi akhir zaman tapi dia dy perantara utusan Allah SWT untuk melakukan perubahan dasyat klik sni ya : http://www.areros.co.cc

    AR Eros

    July 16, 2008 at 8:04 am

  11. @AR Eros

    oke, nice to meet you eros🙂

    dimasrlp

    July 16, 2008 at 11:25 am

  12. Hahahaha jadi disadarikan? yang salah bukan sistem MLM nya tapi oknum yang menyampaikannya, kalau gitu ga usah alergi dng yang namanya MLM. Yng penting dalam mencari nafkah pada jalan yang lurus .

    Moh. Tauhid

    December 29, 2008 at 5:08 am

    • @Moh. Tauhid

      benar sekali mas, seringkali kita gampang menelan mentah2 sebuah justifikasi yang sudah beredar sebelum kita mengetahui apa yg terjadi sebenarnya

      dimasrlp

      December 29, 2008 at 7:34 pm

  13. salam kenal mas.thx atas artikel bagusnya:)

    GETTING2RICH

    January 4, 2009 at 6:29 am

  14. Asal jangan salah pilih kendaraan mlm mas, saya di 4life fun aja kok, mlm yang salah bukan sistemnya tapi orang2 yang menjalankannya serta ngak di dukung sama kredibilitas perusahaan, saya yakin mlm di masa depan akan bangkit lagi.

  15. Mas Dimas..

    Permisi…
    1 pertanyaa dari saya
    Saat ini ada pilihan lain untuk melihat produk MLM lain yg pemakaianya dan si sdh pasti digunakan oleh konsumen , Networker istilahnya (PNS ya pegawai networking sejati / swasta juga boleh )

    salam kenal 081318500112
    dari OXY

    Eko

    February 18, 2010 at 3:48 pm

  16. mas itu mah tergantung dari orang nya aja…sbnr nya sistim mlm itu bagus dan di luar negri msh dipakai, tapi di indonesia ada oknum yg mensalah gunakan sistim mlm tersebut. Jadi be ur self aja lah………

    july

    April 22, 2013 at 12:49 pm

  17. iya.. kalo ini ada produknya, kalo tidak ada?😀

    Wisnu Denny Gunawan

    April 25, 2013 at 2:38 pm

  18. Jangankan di Indonesia yang rule nya kurang jelas. Di amerika yang aturan nya relatif lebih jelas saja masih dibenci. Sebab nya adalah dalam setiap MLM atau network marketing lebih banyak yang tidak sukses daripada yang sukses. Padahal dalam kebanyakan MLM biasanya ditekankan : Bisnis ini tanpa resiko, bisnis ini pasti sukses, dll. Jika kita punya motivasi kuat untuk masuk MLM, melakukan riset lebih dulu sebelum masuk MLM dan yang jelas punya target stop loss (risk management) yang jelas (sehingga tahu kapan saatnya keluar jika tidak sukses), niscaya tidak ada sakit hati.

    Agus

    May 29, 2013 at 12:13 pm

  19. thanks untuk sharenya

    salam

    Adam

    heni

    February 24, 2014 at 1:42 pm


Tinggalkan komentar

