DimasPribadi.com

sharing and selling is fun

Mengenali 5 Tanda Kurang Percaya Diri

with 21 comments


(image taken from: http://library.thinkquest.org)

Suatu hari saya sedang makan siang bersama klien saya di sebuah restoran. Sebut saja namanya BUDI. Seorang yang cukup sukses untuk ukuran orang seusianya. Ditengah pembicaraan, ketika bercerita tentang kondisi perusahaannya, entah karena terlalu semangatnya, Budi secara tidak sengaja menyenggol gelas yang ada disampingnya dan tumpahlah es teh yang masih banyak tersebut ke meja kami.

Saya hanya tersenyum sambil membantu membersihkan meja dengan tisu, sementara Budi dengan paniknya membersihkan meja sambil berkata “Aduh, mejanya sih kecil banget!”.

Mendengar ucapan Budi, saya hanya bisa tambah tersenyum.

Bukan saya berniat untuk mengolok atau apapun, namun karena profesi saya sebagai trainer UnICoM  membuat saya menyadari ada ‘sesuatu’ dibalik kalimat yang diucapkan Budi.

Setiap hari saya selalu berlatih untuk mengenali kepribadian dan pola interaksi orang yang saya temui selama ini dari bagaimana CARA BERBICARA, BAHASA TUBUH mereka, atau bahkan melalui STRUKTUR WAJAH mereka.

Saat saya mendengar kalimat Budi, saya langsung menangkap salah satu SINYAL YANG SANGAT JELAS dari Budi yang berkata bahwa dia KURANG PERCAYA DIRI.

Anda pasti heran mengapa saya bisa menyimpulkan demikian…

Tidak apa-apa… lanjutkan dulu dan anda pasti akan memahami maksud saya.

Anda pernah mendengar kalimat “NOBODY PERFECT” ?

Saya yakin semua orang pasti pernah, namun tidak semua memahami dengan tepat apa manfaat dibalik kalimat ini. Semua orang tahu bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang sangat wajar. Lalu jika kita menyadari hal ini, mengapa kita masih BERALASAN bahwa kita TIDAK PERNAH MELAKUKAN KESALAHAN?
Atau dalam kasus Budi yang meng’KAMBING HITAMKAN’ meja karena ukurannya yang sempit.

BERALASAN, MENYALAHKAN ORANG LAIN, dsb

Sebuah mekanisme pembelaan yang digunakan seseorang yang KURANG PERCAYA DIRI

Dalam UnICoM CONCEPT, secara jasmani atau fisik, ada beberapa tanda yang dapat anda gunakan untuk menganalisa apakah anda sedang kurang percaya diri.

Tanda-tanda ini sangat berguna untuk melakukan kontrol agar kondisi emosi anda tidak mudah terbaca oleh orang yang tidak anda inginkan.

Anda tidak ingin terlihat kurang Pede didepan bos atau klien anda bukan?

  1. MENCARI ALASAN ATAS TINDAKAN ANDA Contoh pertama sudah saya ceritakan lewat pengalaman saya dengan Budi. Orang yang percaya diri tidak butuh alasan atas setiap tindakan mereka, mereka hanya memberikan penjelasan secukupnya dan tidak mempermasalahkan anda percaya atau tidak pada penjelasannya. Jika Anda membuat sebuah kesalahan, hal itu tidak akan mengubah siapa anda. Adalah hak setiap manusia untuk membuat kesalahan dan anda tidak butuh sebuah alasan untuk menghindari hal itu.
  2. MERESPON KRITIK DENGAN CEPAT Saya yakin anda pasti pernah mengomentari performa teman anda dan mereka dengan cepat membalas komentar anda dengan berbagai alasan untuk meyakinkan anda bahwa hal itu perlu dimaklumi. Contohnya, jika anda mengatakan “Tumben kamu tidak dapat nilai bagus seperti biasanya?” dan teman anda langsung menjawab dengan cepat “Soalnya aku lagi capek, dan bla..bla.. “. jawaban seperti ini menunjukkan jika teman anda kurang percaya diri. Orang yang percaya diri akan mendengarkan lebih dulu sebuah kritik dan memilahnya apakah termasuk kritik yang membangun atau tidak.Bayangkan jika anda bertemu seorang binaragawan dan mengatakan “Kamu sepertinya lemah”

    Menurut anda apa responnya?

    Saya yakin dia hanya tersenyum (mungkin bahkan tertawa) dan pergi dengan pikiran SAYA-TIDAK-PERLU-MENANGGAPI-ORANG-INI-KARENA SAYA-TAHU-SAYA-KUAT.

  3. MENUTUPI KEKURANGAN Adalah normal kita tidak ingin diejek karena kekurangan kita. Misalnya jika anda takut terhadap makhluk halus, binatang tertentu, atau ketinggian. Hal tersebut adalah NORMAL dan banyak orang mempunyai kekurangan yang sama. Saya pernah menonton film horor bersama teman-teman saya dan diantara teman saya, dan salah satu diantara mereka sering menutup mata selama bioskop diputar. Saat saya meledeknya dengan berkata “Kenapa? Takut?” Dia menjawab “Ah, mana mungkin saya takut dengan yang beginian!”.Padahal saya cukup sering melihatnya menutup mata dengan tangannya😀

    Cukup banyak orang memakai kalimat-kalimat seperti “Saya tidak pernah”, “Saya selalu” sebagai kompensasi untuk menutupi kekurangannya dihadapan orang lain.

  4. MENJADI PERFEKSIONIS Apakah itu perfeksionis? Cara gampang mengenalinya adalah jika anda menemui kalimat seperti “Aku harus dapat nilai sempurna” atau “Saya tidak boleh membuat kesalahan”. Seorang perfeksionis selalu menganggap dirinya gagal jika tidak mendapat dapat memenuhi targetnya dan hal ini membuat semakin berkurangnya rasa percaya diri. Seseorang yang percaya diri lebih memilih meraih keberhasilan daripada kesempurnaan. Jika dia sudah menganggap dirinya berhasil, maka dia tidak akan menghabiskan tenaga untuk membuat segalanya menjadi sempurna.
  5. BODY LANGUAGE Salah satu tanda yang paling kasar adalah bahasa tubuh. Seseorang yang kurang percaya diri selalu mengambil ‘POSISI BERTAHAN’.Seperti melipat tangan diikuti dengan menyilangkan kaki. Bahasa tubuh adalah cermin dari perasaan yang sesungguhnya dari seseorang. Jika anda melihat seseorang melipat tangannya dan menyilangkan kakinya saat bersama anda, maka orang tersebut sedang berada dalam kondisi tidak nyaman berada dengan anda. Pikiran bawah sadarnya mengatakan bahwa melipat tangan atau menyilangkan kaki akan melindungi dirinya dari gangguan luar.

Mungkin saat ini anda sedang mengatakan “Oh tidak, berarti selama ini saya kurang percaya diri?”

Saya tidak tahu pasti, namun saya sarankan agar LEBIH MENGENALI DIRI ANDA dengan mulai MENGANALISA DIRI SENDIRI, mulai dari pikiran anda, ucapan anda saat berbicara, dan bahasa tubuh anda.

Saya sendiri selalu berlatih untuk MELAWAN ILUSI yang ada di kepala saya yang mengurangi rasa percaya diri saya. Saya selalu termotivasi untuk membuktikan bahwa semua pikiran-pikiran negatif itu salah dan di akhir pembuktian saya, saya selalu puas karena MEMENANGKAN PERTARUNGAN dan mempunyai KONTROL 100% atas tubuh dan pikiran saya.

Mari belajar mengenal diri kita mulai dari sekarang!🙂

Written by Dimas Pribadi

June 3, 2008 at 1:53 pm

Posted in Self Development

21 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Salam kenal …

    Nobody perfect …. I am nobody ….😀

    Dhani Aristyawan

    June 5, 2008 at 4:10 am

  2. @Dhani Aristyawan

    Salam kenal juga bung, tengkyu sudah mengunjungi blog saya

    btw …website anda bener2 top!…saluut🙂

    dimasrlp

    June 5, 2008 at 4:28 am

  3. hegh… sya sungguh takjup pada posting ini, bisa membuat aku berkaca apakah aku termasuk orang yang percaya diri atau tidak…

    So salut

    ario saja

    June 12, 2008 at 8:48 am

  4. @ario

    trima kasih banyak, semoga post ini bisa bermanfaat buat anda untuk menjadi lebih percaya diri🙂

    dimasrlp

    June 12, 2008 at 10:39 am

  5. mo tanya, kl org terlalu pede itu gimana? trus ngerasa dirinya paling bener, gimana ngatasinya ya?

    win

    September 11, 2008 at 8:00 am

  6. @win

    orang yang terlalu pede ciri2nya cenderung mengarah ke keras kepala dan menolak semua masukan karena merasa dirinya paling benar…sikap ini mengarah arogan. Orang yang merasa serba tahu biasanya enggan untuk belajar dan akhirnya tidak berkembang.

    Bedanya dengan orang yang percaya dirinya cukup, akan menerima semua masukan, memikirkannya, dan mengambil keputusan dengan tegas setelah menimbang2 semua informasi tadi serta sanggup menanggung resiko dari hasil akhirnya. Jika keputusannya salah..maka dia akan menganggap kegagalan tersebut sebagai proses belajar yang sangat bernilai.

    salah satu cara mengatasinya pertama bisa dengan:
    1. Belajar lebih menghargai orang lain
    2. Berlatih untuk lebih obyektif dalam meneliti sebuah permasalahan dengan cara mencari informasi sebanyak2nya dari yang lebih pengalaman.
    3. Setelah itu membuat keputusan setelah menimbang semua info yang kita dapatkan.
    4. Belajar dari kesalahan2 di masa lalu

    dimasrlp

    September 12, 2008 at 6:40 am

  7. Thanks Infonya…
    punya data lain gak tentang body language..
    thanks agai n sukses selalu

    youri

    September 19, 2008 at 6:07 am

  8. @youri

    situs ini cukup lengkap membahas mengenai body language

    http://changingminds.org/techniques/body/body_language.htm

    dimasrlp

    September 20, 2008 at 9:14 pm

  9. Jika anda melihat seseorang melipat tangannya dan menyilangkan kakinya saat bersama anda, maka orang tersebut sedang berada dalam kondisi tidak nyaman berada dengan anda. Pikiran bawah sadarnya mengatakan bahwa melipat tangan atau menyilangkan kaki akan melindungi dirinya dari gangguan luar.

    saya kadang-kadang suka begitu juga. sebenernya saya ndak tahu apa artinya. cuma orang-orang disekitar saya sering melipat tangan dan menyilangkan kaki. waktu pertama kali saya lihat mereka memiliki body language yang keren kayak di tv-tv, jadi saya niru-niru dan nyaris jadi kebiasaan hahaha.. sekarang baru tahu kalau itu menandakan tidak percaya diri.. :D:D jangan-jangan waktu itu saya juga gak pd soale pengen kelihatan keren juga😀

    btw, sedikit info, bagi yang suka menyilangkan kaki saat duduk, sebaiknya dikurangi sejak dini karena bisa menghambat peredaran darah dan area paha hingga tumit bisa rentan terhadap penyakit, contoh kecil pegal-pegal.

    mew da vinci

    October 16, 2008 at 6:22 pm

  10. @mew da vinci

    thanks buat info kesehatannya

    masalah body language di TV emang banyak yang menyesatkan, banyak di film2 yang menggunakan body language negatif, tetapi di film tersebut dianggap keren oleh orang lain, sehingga penonton beranggapan demikian.

    Satu hal yang saya pelajari

    Lebih baik terlihat ramah, terbuka, dan positif daripada terlihat sebagai orang pendiam yang sok keren seperti jagoan2 di tv

    Bergaya seperti anti sosial sama sekali tidak keren!

    dimasrlp

    October 20, 2008 at 4:15 pm

  11. ass aku trmsk orng yg kurang prcya diri bagai mana cara menghilangkan rasa itu

    mul

    March 8, 2009 at 2:32 am

  12. percaya diri (pd) itu adlh msah sirius yg krn dngn percya diri orng bisa berhsil dan jgu krn percya diri orng bisa hancur padahal dia mampu alias mempunyai sekil yg tinggi
    anda temsuk orng yang mna…….?
    klo anda orng yng krng pd maka belajar lah untu menjadi pemberani

    mul

    March 8, 2009 at 3:49 am

    • @mul

      saya bukan orang yang bawaan lahir percaya dirinya tinggi. tapi saya selalu berlatih.

      dimasrlp

      November 24, 2010 at 6:55 am

  13. Mas edi,,,saya sangat kagum setelah membaca posting mas,,dan cukup membantu saya untuk lbh PEDE lagi pokonx ferpec banget deh,,,,

    jefsi

    September 9, 2009 at 1:47 pm

  14. nice posting bro.

    ~rully

    Rully

    August 13, 2010 at 8:43 am

  15. Artikel yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai tidak percaya diri berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik -> Tidak Percaya Diri ?

    Rama Sejati

    August 20, 2010 at 3:52 pm

  16. okeeeeeeeee

    fifi

    August 26, 2010 at 5:37 am

  17. Gimana Caranya Supaya rasa kurang percaya diri/rasa malu itu hilang terutama terhadap para Wanita. selama ini saya merasa tersiksa dengan sikap saya yang kurang percaya diri ini.

    Rio

    November 5, 2010 at 4:09 am

    • coba aja latihan nanya jam/jalan/arah tiap hari ke orang yang tidak dikenal. anggaplah sehari sekali dulu. nanti rio pasti ngerasa ada bedanya🙂

      dimasrlp

      November 24, 2010 at 7:10 am

  18. Saya termasuk orang yang kurang percaya diri. Pernah suatu kali saya yakin akan menang dalam suatu kompetisi. Akan tetapi ternyata saat itu saya belum diberi rezeki. Nampak luar saya terlihat tegar, tapi di dalam saya merasa sangat bersedih dan saya takut gagal lagi.

    Pernah saya coba untuk mengikuti sebuah kompetisi lagi. Akan tetapi karena saya tidak percaya diri saya bisa melalui tahap-tahap kontes secara sempurna, akhiryna saya menjalaninya dengan setengah-setengah. Kenapa kok demikian? Karena saya tidak percaya diri bahwa dengan saya bersungguh-sungguh saya bisa memenangkan kompetisi.

    It’s so bad if I knew perfectionist is one of signs which show our less confident.😦

    Ngomong-ngomong, gimana ya cara melatihnya? Kok saya baca di komen-komen sebelumnya, Anda bilang bahwa Anda berlatih. Terima kasih🙂

    AMYunus

    March 7, 2011 at 12:14 am


Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: