DimasPribadi.com

sharing and selling is fun

Memberi Kesan Positif Dalam 5 Detik Pertama Wawancara Kerja

with 5 comments


(image taken from http://davecaudill.com)

Pernahkah Anda mendengar iklan di TV yang berkata “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” ?

Saya sangat menyukai iklan tersebut karena HAL ITU MEMANG BENAR.

Kita boleh saja beralasan bahwa kita tidak boleh menilai orang lain hanya dari luarnya saja. Saya tidak menyalahkan argumen seperti. Bahkan jika Anda benar-benar menerapkannya, saya akan sangat salut dengan Anda bahwa Anda bukanlah orang cepat mengambil kesimpulan dari kesan pertama.

Namun bagaimana jika Anda hanya bertemu dengan seseorang satu kali saja seumur hidup Anda? Seperti wawancara kerja.

Satu pertemuan yang menentukan masa depan Anda.

Satu pertemuan yang jika Anda tidak dapat mensiasati dapat menyebabkan Anda dianggap sebagai orang yang tidak kompeten, membosankan, tidak tegas, kurang percaya diri, dan tidak cocok untuk bekerja di perusahaan yang Anda datangi.

Sekali Anda gagal, tidak akan ada lagi kesempatan kedua untuk menunjukkan seperti apa diri Anda yang sesungguhnya sesungguhnya.

Dan yang lebih membuat Anda kesal adalah, Anda melakukannya dengan TIDAK SADAR!

Mungkin hanya karena Anda sedikit tegang, Anda tidak terlihat seperti biasanya. Anda tidak dapat menunjukkan kemampuan terbaik Anda pada saat wawancara

Saya tidak akan mengatakan sesuatu yang kuno seperti “Pede aja” atau “Jadilah pendengar yang baik” atau jargon-jargon yang hanya menyarankan tanpa memberi tahu bagaimana cara melakukannya.

Saya akan memberikan sesuatu yang EFEKTIF dan LANGSUNG DAPAT DIPRAKTEKKAN.

Dengan beberapa kali mencobanya, Anda akan terlihat sangat berbeda dihadapan orang yang baru Anda kenal. Jika Anda melakukannya sesuai tips saya, maka 90% Anda akan memberikan kesan yang positif.

Saya sengaja tidak menyebutkan 100% karena kadang-kadang ada orang yang memiliki masa lalu yang kurang bagus dan Anda (sialnya) mengingatkannya akan memori buruk tersebut. Sebagai contoh jika wajah Anda mirip dengan mantan pacar yang mengkhianati orang tersebut, maka orang tersebut akan cenderung berpikir Anda pasti mengkhianatinya padahal Anda adalah orang yang sangat setia terhadap pasangan Anda.

Ya kan? :p

Seseorang memerlukan 5-10 detik untuk membentuk kesan pertama terhadap Anda. Dan kemungkinan dia akan perlu beberapa menit untuk mengkonfirmasi kesan yang dia bentuk. Jadi jika Anda memanfaatkan beberapa detik pertama untuk membuat dia terkesan, maka Anda sudah 90% sukses.

Saya tahu Anda pasti berpikir dalam waktu sesingkat itu tidak mungkin Anda bisa memberikan kesan baik terhadap orang lain. Anda pasti berpikir bahwa Anda harus ngobrol akrab panjang lebar dalam situasi informal untuk dapat menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang menyenangkan.

Namun ada kabar baik bagi Anda, jika Anda melakukan hal-hal seperti yang saya sebutkan dibawah ini dalam 5-10 detik pertama, saya yakin Anda akan memberikan “Kesan pertama begitu menggoda” bagi mereka

Oke saya yakin Anda sudah tidak sabar, berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kesan positif dalam waktu singkat.

  1. KONTAK MATA YANG CUKUP
    Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melakukan kontak mata yang cukup. Maksud saya cukup adalah melihat mata lawan bicara Anda dengan pandangan wajar dan antusias (bukan melotot mengancam atau atau pAndangan jenis lainnya). Kontak mata yang cukup biasanya terjadi sekitar 70%-80% dari pertemuan
  2. BERJABAT TANGAN
    Berjabat tanganlah dengan akrab dan kokoh. Jabat tangan yang kokoh dan akrab dipadukan dengan kontak mata yang cukup akan memberi kesan bahwa Anda adalah seseorang yang sangat percaya diri dan tegas. Anda tidak perlu sampai meremas terlalu kuat kecuali Anda ingin dipecat sebelum bekerja. Cukup berikan sedikit tenaga saat bersalaman dengan pewawancara. Jabat tangan yang lemah menunjukkan bahwa Anda kurang percaya diri.
  3. TAMBAHKAN SENYUMAN
    Jika Anda sudah melakukan point 1 dan point 2, maka Anda akan terlihat sangat percaya diri, namun pada saat yang bersamaan terlihat menakutkan. Karena itu tambahkan senyuman bersahabat di wajah Anda. Senyuman Anda akan membuat orang lain berpikir bahwa Anda adalah orang yang menyenangkan, ramah, dan bersahabat. Dengan begitu pewawancara dapat merasa lebih nyaman saat ‘menginterograsi’ Anda dan mulai membayangkan betapa nyamannya bekerjasama dengan Anda. Saran saya, tersenyumlah dengan tulus. Senyuman palsu dan tidak tulus akan terbongkar dengan mudah dalam waktu singkat.
  4. DUDUK DENGAN PUNGGUNG TEGAK DAN TARIK BAHU KE BELAKANG
    Posisi punggung tegak adalah tanda jika Anda percaya diri, bahagia, atau tertarik. Jangan pernah menyilangkan kaki atau melipat tangan ketika sedang duduk karena hal ini memberikan kesan bahwa Anda tidak nyaman atau bahkan ketakutan.

    Jangan menempatkan sesuatu(map, tas, dll) antara Anda dan pewawancara seperti gambar diatas karena hal ini menimbulkan efek yang sama dengan melipat tangan dan menyilangkan kaki.

  5. JANGAN GARUK HIDUNG ANDA
    Apa hubungan antara hidung gatal dengan wawancara? Percayalah hal itu ada hubungannya secara psikologi dan biologi dan saya tidak akan menjelaskannya disini karena terlalu panjang. Jika hidung Anda tiba-tiba merasa gatal dan Anda ingin menggaruknya, JANGAN LAKUKAN!Hal ini akan memberi kesan bahwa Anda mengevaluasi sesuatu yang tidak Anda sukai dari lawan bicara. Saat wawancara, Anda tidak dapat menunjukkan kondisi emosi Anda kecuali Anda memang ingin menunjukkannya.
  6. PILIH BUSANA BERWARNA BIRU
    Jika Anda mempunyai kemeja atau setelan berwarna biru, saya SANGAT MENYARANKAN untuk memakainya pada saat wawancara. Dalam ilmu psikologi, biru memberi kesan LOYAL dan JUJUR. Memakai sesuatu berwarna biru akan memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang setia dan jujur.

Bagaimana? Cukup mudah bukan! Saya yakin seratus persen bahwa Anda langsung bisa melatihnya sekarang juga didepan cermin di kamar Anda untuk wawancara esok hari.

Artikel ini saya dedikasikan khusus untuk Anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!🙂

Written by Dimas Pribadi

May 28, 2008 at 11:14 am

Posted in Self Development

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. hhmm.. kalo pake baju pink gmn mas??!:mrgreen:
    dt blm bs praktekin ni, mgkn baru taon dpn…
    *amiin*

    but thanks mas, nice post..😎

    dEEt

    June 2, 2008 at 7:04 am

  2. @dEEt

    ehm, tiap warna ada artinya sih…
    kalo pink tuh kesannya lugu dan baik hati..:)
    gpp, semoga bisa dicoba secepatnya deh *amin*

    dimasrlp

    June 2, 2008 at 4:29 pm

  3. kalau bajunya warna-warni?😀

    mew da vinci

    October 16, 2008 at 6:40 pm

  4. @mew
    kalau warna-warni sih…kesannya mood gampang berubah…ingin menonjol/menarik perhatian…percaya diri (kalau diimbangi attitudenya)

    dimasrlp

    October 20, 2008 at 4:07 pm

  5. Dear Friend!
    Welcome to my “Blog”, with electronic adress URL: http://nikotev.wordpress.com/
    In the new variant of the blog there are very much new informers, themes, banners and analisys by the variouse problems of the military history and policy. They will be very interesting for you! In the world system of the cybersytes, the blog received a high mark “600,5”.
    Your friend Nikolay Kotev

    Nickolay Kotev

    January 5, 2009 at 5:44 am


Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: