.:patient n persistent

learn, plan, execute, evaluate, learn, plan, execute, evaluate…

Mengatasi Perang Batin Untuk Menghilangkan Kebiasaan Buruk

with 58 comments

 

Manusia tidak ada yang sempurna, begitu pula saya dan anda. Kita semua punya sebuah kebiasaan yang seringkali bertentangan dengan keinginan kita. Banyak jenis kebiasaan-kebiasaan buruk mulai dari kesehatan¬† hingga masalah psikologis. Saya ingat pada suatu saat saya dihadapkan pada sebuah keputusan ketika saya akan mengulangi lagi kebiasaan buruk saya. Diri saya seakan terbelah menjadi 2 dengan satu pihak menginginkan saya melakukannya sementara diri saya yang lain berteriak supaya jangan melakukannya. Jika dianalogikan, hal ini seperti pertarungan antara ‘setan’ vs ‘malaikat’, yang kebanyakan dimenangkan oleh kubu ‘setan’.

Pertarungan ini sungguh menyiksa dan terjadi setiap kali saya dihadapkan pada keputusan mengulangi kebiasaan buruk atau tidak. Parahnya pertarungan ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun seperti pengakuan para perokok yang telat insyaf atau pecandu narkoba yang terlanjur ketagihan.

Dalam ilmu Neuro Linguistic Programming (NLP), hal ini disebut inner self conflict. Ada sebuah teknik NLP yang dapat digunakan untuk mendamaikan sisi ‘setan’ dan ‘malaikat’ ini dan menghasilkan sebuah aksi yang positif. Teknik ini disebut Part Integration Technique. Yaitu teknik untuk mengurangi kerusakan atau tekanan mental akibat tidak terpenuhinya salah satu keinginan dari 2 keinginan yang saling bertentangan.

Langsung saja saya berikan contoh kasusnya:

Rokok vs Tidak Merokok

Perang batin dalam diri anda akan terjadi seperti ini:
Sisi Malaikat : “Jangan merokok!! Lihat sudah berapa banyak orang meninggal akibat rokok!”
Sisi Setan : “Kalo tidak ada rokok mana enak, mulut rasanya pahit, masalah mati itu kan ditangan Tuhan”
Jika situasi diatas terjadi, cobalah teknik Part Integration Technique seperti dibawah ini

Langkah Pertama

Taruh kedua tangan di depan anda dengan telapak tangan terbuka menghadap keatas. Lihat telapak tangan pertama. Bayangkan sebuah benda yang berkaitan dengan kebiasaan anda sedetail mungkin, mempunyai berat serta bisa berbicara. Benda itu adalah diri anda yang mewakili kebiasaan buruk anda. Lakukan hal yang sama dengan telapak tangan kedua yang mewakili keinginan untuk berhenti dari kebiasaan buruk anda.

Langkah Kedua

Lihat ke telapak tangan pertama dan tanyakan “Kenapa kamu ingin aku merokok?”. Jawabannya kemungkinan akan berupa “Karena tanpa rokok segalanya kurang lengkap, sensasi menghirup rokok membuat kamu senang kan?”. Kemudian tanyakan lagi pertanyaan “Kenapa kamu ingin aku senang?”. Maka jawaban yang mungkin adalah “Karena aku adalah bagian dari kamu, jika kamu senang maka saya juga senang”. Anda bisa terus mengajukan pertanyaan yang anda akan sadari bahwa benda tersebut sebenarnya berniat baik dan hanya ingin anda bahagia.

Langkah Ketiga

Lakukan persis seperti pada langkah kedua untuk keinginan anda untuk berhenti. Tujuan utamanya adalah membuat kedua diri anda untuk sepakat bahwa tujuan mereka sebenarnya sama-sama membuat anda bahagia. Ajukan pertanyaan ke kedua benda tersebut apakah niat mereka yang sebenarnya dan kompromikan cara apa yang secara logika paling baik buat anda. Tanyakan alasan dibalik setiap jawaban mereka.

Langkah Keempat

Beritahu mereka bahwa mereka berdua mempunyai tujuan yang sama dan dengan alasan tersebut tidak perlu ada perang diantara mereka. Jika anda melakukan dengan benar dari langkah pertama, maka anda akan menyadari bahwa kedua tangan anda akan mendekat dan mungkin sampai bersentuhan. Jika sampai bersentuhan, maka satukan kedua telapak tangan anda dengan erat. Hal ini akan menyampaikan pada alam bawah sadar anda bahwa perang batin telah usai dan anda tidak akan menemui kesulitan besar ketika anda dihadapkan situasi yang sama.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Dimas Rochmad

Written by dimasrlp

February 1, 2009 at 11:28 am

Posted in Self Development

58 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Pertamax..Plus
    Sip nih tutorialnya… wajib di coba

    ario saja

    February 13, 2009 at 2:11 pm

  2. wah agak susah ngelawan diri sendiri…lebih mudah ngelawan orang lain :D

    uwiuw

    April 4, 2009 at 8:35 am

    • betul :) kita mukul diri sendiri = sakit sendiri ..haha

      dimasrlp

      October 26, 2010 at 8:21 am

    • Yang di lawan moga insyaf kesalahan besar bisnis on-linenya ,bangkit lagi memulainya

      Rahasia bisnis

      December 29, 2011 at 3:49 am

  3. salm knl mas,
    penguasaan diri itu penting :-)

    rentalmobilmurah

    April 15, 2009 at 7:19 am

  4. tips yg bagus ini untuk membentuk mental atau karakter……….
    thx buat artikelnya
    sippppp bgt :D

    pasang iklan gratis

    April 20, 2009 at 4:09 am

  5. josh!!!!!!!
    menurutq tu bisa di promokan ke capres cawapres n caleg, biar ga korupsi, asusila, n tidur saat rapat
    he… 28x

    jojo andi

    May 25, 2009 at 6:29 am

  6. [...] Lebih dari 3 kali saya mencoba untuk berhenti merokok dan 3 kali itu juga berakhir dengan konsumsi rokok yang lebih menggila. Hingga pada suatu saat, ketika secara tidak sengaja saya menemukan artikel mengenai perang batin untuk menghentikan kebiasaan buruk di situsnya Mas Dimas [...]

    • Aku jadi berhenti merokok karena ada kesibukan …mari mampir kutunjukkan rokok ku sekrang disini.

      Rokok Online

      December 29, 2011 at 4:00 am

  7. Thx ngingetin bro..

    Ryan

    August 14, 2009 at 6:22 am

  8. tentunya ya kerja dulu. kalau kita udah punya kerjaan insya kebutuhan setelah nikah sedikit banyak dapat diatasi.
    kalau kita belum punya pegangan bisa-bisa “ada uang abang sayang tak ada uang abang ditendang”

    akhmad tamamudin

    August 23, 2009 at 4:35 am

    • maaf saya kurange mengerti maksud dari komentar mas akhmad dengan kaitannya dengan artikel ini. But thanks for visiting and nice quote :)

      dimasrlp

      October 26, 2010 at 9:09 am

    • Betul,Akang Ahmad…pegang dulu kerjaan walau di rumah .Panduan pegangannya udah Di release dan terbukti.TinggalTake action..

      Panduan Sukses Menjual

      December 29, 2011 at 4:04 am

  9. Bro Fly, mantap lah artikelnya.
    Jarang nongol di G-Spot ternyata aktif nulis disini.

    Emang ga ada yg paling susah selain ngelawan diri sendiri.
    Apalagi ngelawan rasa males, akhhh.

    Que Evollu

    September 18, 2009 at 5:56 pm

  10. terimakasih yah saya akan mencobanya dengan merekatkan kedua tangan saya semoga saja ini berhenti

    ade riyadi solihin

    November 23, 2009 at 6:06 pm

    • ini adalah pertandingan dengan jumlah ronde tak terbatas, mungkin kita akan kalah pada awalnya. Namun ayo terus berjuang untuk menaklukkan diri kita sendiri

      dimasrlp

      October 26, 2010 at 10:50 am

    • Mang Ade..imbangi usahanu dengan kesibukan…yang berarti.Aku dulu sama denganmu .

      Kutemukan Jawabanya

      December 29, 2011 at 4:15 am

  11. Memang susah utk melawan kebiasaan buruk…mudah-mudahan artikel ini berguna…….

    herman

    December 13, 2009 at 2:51 pm

  12. aduh kebiasan buruk itu memang susah bgt buet dirubah….kadang lupa kadang inget>makasih ya atas artikelnya smoga saya bisa menerapkanya.

    crezo3.

    May 21, 2010 at 4:03 am

  13. Thank y0u utk s0lus!nx,m0942 4j bs b4ntu!n 4k untk h!lan9!n k3b!4s44 brk 4k..

    By ilham GR3en’sz

    Ilham

    May 31, 2010 at 9:09 am

  14. memang susah menghilangkan kebiasaan buruk kita tapi tidak ada salahnya bila kita mau mencoba merubahnya..

    peribadi widodo

    July 4, 2010 at 1:30 pm

  15. Thanks bgt bro, artikel ini awal yang baik untuk ku melawan kebiasaan buruk yg ku alamai.

    Jocand

    July 16, 2010 at 12:04 am

  16. Ass, Kk Aku Punya Kebiasaan Buruk Yg Gx Bisa Aqu Hindarin, Artikel Ini Bisa Menmotifsi saya makasih Y !!!

    Marsekal

    October 12, 2010 at 5:29 pm

  17. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    cara memperbesar payudara

    February 24, 2011 at 4:41 am

  18. Thx berat, saya lagi nyobain ngatasin nafsu utk berzina, saya ingin tetap setia pd istri saya. Tips ini lumayan berpengaruh. Mdh2an bro banyak pahalanya, he3x

    andreas

    March 4, 2011 at 5:27 am

  19. kunjungan awal salam kenal buat semua teman-teman blogger ….

    3w9

    March 18, 2011 at 2:16 am

  20. Wah bagus banget.. asyik, mudah dan menyenangkan..
    thanks loh mas dimas..

    Edward Rhidwan

    May 18, 2011 at 4:05 pm

  21. huuuuuh, kabiasaan ku sangat buruk, aku pengeeeeeen bngt lepas dari kebiasaan ku ini!!!

    smga aku bisa, amin

    syams

    May 28, 2011 at 11:31 am

  22. Kalo kebiasaan buruknya menghujat Tuhan gmn ngilanginnya bro?

    Dorian

    May 29, 2011 at 5:31 am

  23. artikel yang bagus …. salam sukses

    boilxboilsrelief

    July 13, 2011 at 10:32 am

  24. mantap

    zulkarnen

    August 31, 2011 at 4:26 am

  25. Kebisaan buruk memang sulit sekali untuk di hilankan,apalagi itu sudah berjalan beberapa tahun. Terkadang kebisaan itu muncul seperti hantu yang selalui membayangi kehidupan setiap hari. Sadar tapi tetap di lakukan…Kl teringat hal itu rasanya seperti menusuk diri sendiri…Semoga saja dengan ini aku bisa menghilangkannya.
    Sukron katsir atas tipsnya>>:)

    sucktd05

    September 13, 2011 at 8:57 am

  26. macca….

    adly nq

    November 14, 2011 at 10:52 pm

  27. sipp

    anto

    September 4, 2012 at 1:00 pm

  28. ya,coba aj dulu.moga hasil…..

    dichki

    November 11, 2012 at 12:01 pm


Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: